Atlas: Pengertian Atlas,Unsur-Unsur Dalam Atlas,Syarat-Syarat Dalam Atlas,Mencari Isu Dalam Atlas, Dan Jenis-Jenis Atlas Beserta Penjelasannya Terlengkap

 

ATLAS: Pengertian ATLAS,Unsur-Unsur Dalam Atlas,Syarat-Syarat Dalam Atlas,Mencari Informasi Dalam Atlas, Dan Jenis-Jenis Atlas Beserta Penjelasannya Terlengkap



Jenis Atlas Beserta Penjelasannya Terlengkap ATLAS: Pengertian ATLAS,Unsur-Unsur Dalam Atlas,Syarat-Syarat Dalam Atlas,Mencari Informasi Dalam Atlas, Dan Jenis-Jenis Atlas Beserta Penjelasannya Terlengkap



Selamat Datang di Blog edukasinesia.com

Hallo teman Edukasi Lovers,senang sekali rasanya pada kesempatan kali ini saya sanggup membagikan artikel untuk menambah pengetahuan dan wawasan teman Edukasi Lovers semua.Artikel yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini berjudul ATLAS: Pengertian Atlas,Unsur-Unsur Dalam Atlas,Syarat-Syarat Dalam Atlas,Mencari Informasi Dalam Atlas, Dan Jenis-Jenis Atlas Beserta Penjelasannya Terlengkap




1. Pengertian Atlas

Jenis Atlas Beserta Penjelasannya Terlengkap ATLAS: Pengertian ATLAS,Unsur-Unsur Dalam Atlas,Syarat-Syarat Dalam Atlas,Mencari Informasi Dalam Atlas, Dan Jenis-Jenis Atlas Beserta Penjelasannya Terlengkap


  Atlas yaitu kumpulan peta dalam bentuk buku. Peta yang di bukukan di bedakan menjadi peta umum dan peta khusus. Oleh karna itu atlas pun sanggup di bedakan menjadi atlas atlas umum dan atlas khuusus. Atlas umum terdiri atas peta- peta umum. Conyohnya atlas Indonesia, dan dunia. Atlas khusus tediri atas peta – peta khusus. Contohnya, atlas sejarah Indonesia dan dunia, dan atlas geologi Indonesia.

2.Unsur – Unsur Dalam Atlas
  Atlas yang baik memiliki unsur– unsur sebagai berikut :
a.    Judul Atlas, pada bab sampul di tuliskan judul atlas, dan harus berafiliasi dengan isi  atlas.judul atlas didesain yang baik sehingga menarik para pengguna atlas.misalnya peta Indonesia dan dunia. Pada bab sampul juga di tulis nama penyusun dan penerbit.
b.    Daftar isi,  Daftar isi menandakan judul- judul peta beserta halamannya yang ada dalam atlas.Daftar isi mempermudah   pengguna atlas dalam mencari peta yang dibutuhkan.menurut isi keseluruhan peta yang terdapat di dalam atlas sesuai halamannya.
c.    Kata pengantar, berisi maksud atau tujuan dari penyusun atlas.
d.    Legenda (keterangan), sama menyerupai pada peta, yaitu dengan simbol – simbol. Untuk lebih jelasnya, perhatikan atlas di sekolah.
e.    Tahun pembuatan peta dan penerbit
Tahun pembuatan untuk mengetahui kapan atlas dibentuk . Tahun pembuatan atlas , contohnya harus dicantumkan terutama untuk atlas yang memuat data yang sifatnya dinamis, sedangkan penerbit untuk mengetahui penerbit mana yang mencetaknya
f.     Indeks, di maksudkan untuk mempermudah dalam memakai atlas, contohnya dalam mencari letak suatu kota, pulau, gunung, danau, sungai, dan unsur- unsur geografi yang lain.

3.Syarat-Syarat Atlas

1)    Menggambarkan suatu tempat dengan data yang akurat.
2)     Menggunakan proyeksi petatertentu yang diadaptasi dengan tujuan.
3)    Memiliki formulasi warna atau simbol lain yang sempurna sehingga tampak menarik.

4.Mencari Informasi Dalam Atlas
  Informasi geografi dalam atlas sanggup di cari dengan mempergunakan indeks, daftar isi, serta garis lintang dan garis bujur.
a.    Indeks
  Kenampakan geografi menyerupai kota, pulau, gunung,danau, dan sungai sanggup di cari di atlas dengan memakai indeks.Agar lebih cepat dalam mengatakan kenmpakan yang kita cari, indeks di bagi menjadi dua bab yaitu Indonesia dan dunia. Setiap bab disusun dalam kelompok –kelompok kota, gunung/ pegunungan, pulau / kepulauan, sungai , danau, waduk, teluk, selat, laut, samudra, tanjung, dan pelabuhan udara.setiap kelompok disusun sesuai urutan abjad. Sebagai pola kita ingin mengetahui letak kota banjarmesin, maka kita cari huruf B pada kelompok kota- kota dalam bab indeks di Indonesia. Di situ di tulis Banjarmasin 25. A3. Indeks member petunjuk kepada pembaca peta biar kota banjarmesin dicari pada halaman 25, kolom A dan lajur 3. Perlu diketahui bahwa setiap peta terdapat kolom antara dua garis bujur. Masing –masing kolom diberi aba-aba huruf A, B, C, D, E, dan seterusnya( pada garis horizontal). Lajur antara dua garis lintang diberi aba-aba angka 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya( pada garis vertikal). Demikian seterusnya, jikalau kau ingin mencari nama gunung atau unsur geografi lainnya.

b.    Daftar isi
Daftar isi memuat senua judul peta yang ada berserta halamanya. Mulai daftar isi, kita dengan cepat sanggup mencari peta yang diinginkan.

c.    Garis Lintang dan Garis Bujur
  Pada setiap peta niscaya gambar garis – garis lintang dan garis- garis bujur. Garis lintang di gambarkan horizontal. Garis bujur digambarkan dengan garis – garis vertical.
  Garis lintang ada dua macam, yaitu garis lintang utara (LU) dan garis lintang selatan (LS). Cara menghitung garis lintng dimulai dari garis lintang nol derajat atau garis katulistiwa. Garis bujur juga ada dua macam, yaitu bujur barat (BB) dan bujur timur (BT).
  Garis lintang dan busur secara bersama – sama sanggup digunakan untuk memilih letak suatu tempat atu suatu Negara. Contoh kepulauan Indonesia terletak pada 6° LU - 11° LS dan 95° BT - 141° BT.

5.Jenis –jenis  Atlas
a.    Atlas Nasional , yaiitu atlas yang dibentuk secara nasional di Negara tertentu.Isinya perihal data- data dan  gambar- gambar yang berorientasi pada negar pembuatanya.
b.    Atlas Dunia , yaitu atlas yang berisi  gambaran keadaan benua yang ada di bumi  beserta Negara- Negara   
c.    Atlas semesta, yaitu atlas yang dibentuk untuk memafarkan keadaan alam semesta, tata surya, galaksi, peredaran bintang-bintang,pelanet dan sebagainya.


Demikianlah Artikel lengkap yang berjudul ATLAS: Pengertian Atlas,Unsur-Unsur Dalam Atlas,Syarat-Syarat Dalam Atlas,Mencari Informasi Dalam Atlas, Dan Jenis-Jenis Atlas Beserta Penjelasannya Terlengkap.Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat Edukasi Lovers  semuanya.Jika artikel ini bermanfaat sudi kiranya bagi teman semua untuk mengelike dan membagikan artikel ini untuk menjaga kelangsungan blog ini menjadi lebih baik.Jika ada permintaan,pertanyaan,kritik,maupun saran,silahkan berikan komentar teman semua di kolom komentar di bawah ini.


Terima Kasih…
Salam Edukasi…







Comments

Popular posts from this blog

Sepuluh (10) Kerajaan-Kerajaan Hindu Buddha Di Indonesia Yang Pernah Ada

Sejarah Terjadinya Krisis Multidimensional Sebagai Penyebab Lahirnya Gerakan Reformasi Dan Jatuhnya Orde Baru